20180111_143438

Semester lima resmi selesai, ditutup dengan Pameran Media Pembelajaran di Pendopo Luar Kampus Bantul, Kamis, 11 Januari 2018. Acara ini adalah puncak dari segala hal yang telah kami lakukan selama satu semester ini untuk mata kuliah Pengembangan IPS SD dan Pengembangan Pkn SD. Pada pameran kali ini dipamerakan 48 media pembelajaran Pkn dan 12 media pembelajaran IPS hasil karya mahasiswa semester 5. Sejak awal semester, kami diberi bekal untuk membuat perangkat pembelajaran. Apa saja itu? Ada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), instrumen penilaian, media pembelajaran, dan bahan ajar. Dimulai dengan memilih KD, kami lanjutkan dengan membuat RPP dengan waktu yang sudah ditetapkan. Dilanjutkan dengan pembuatan bahan ajar, pembuatan media, dan yang terakhir adalah pembuatan instrumen penilaian. Setiap perangkat yang dibuat diberi waktu mengerjakan. Ini membuat kami menjadi ketar-ketir sendiri, karena jarang diberikan perpanjangan waktu mengerjakan.

Oh iya, semester ini juga memaksa saya untuk belajar corel draw. Pada tugas bahan ajar, proses pembuatannya akan lebih mudah bila menggunakan corel. Mau tidak mau saya  belajar. Hasilnya… saya bisa! Yey! Ini nih bahan ajar Pkn yang sudah saya buat. Walaupun nggak sebagus profesional (alias biasa aja) dan simpel banget, saya boleh bangga dong sama pencapaian saya ini, haha.

Bahan Ajar

Pembuatan media selalu menjadi hal yang ribet. Tentu saja. Mulai dari membentuk konsep media, pemilihan bahan, hingga proses pembuatan yang perlu kesabaran dan perhatian ekstra. Semua itu membuat kami harus mendedikasikan waktu yang tak sedikit. Apalagi kami harus membuat dua buah media pembelajaran, untuk mata pelajaran IPS dan  Pkn.

Tapi kami bisa kok melewati cobaan ini. Terbukti dengan dipamerkannya media kami. Walaupun ada insiden yang membuat kami kalang kabut pada pagi menjelang pembukaan pameran, itu tidak terlalu berarti. Kami dapat memamerkan media dan bahan ajar, hasil kami belajar mengembangkan perangkat pembelajaran semester ini.

Pameran ini dibuka sejak pukul 09.00 WIB – 15.00 WIB. Dosen, guru, mahasiswa, dan juga beberapa adik-adik yang masih SD ikut berpartisipasi. Pameran ini tak hanya sekadar untuk memamerkan media dan bahan ajar yang sudah kami buat. Tapi juga memberi inspirasi guru untuk mengembangkan pembelajaran menjadi lebih menarik menggunakan media.

Saya boleh pamer dikit, nggak? Boleh dong. Mau eksis dikit, nih. Pada pameran kali ini panitia pameran menggundang media, koran lebih tepatnya. Karena itu, acara kami kali ini diliput dan keesokan harinya terbitlah artikel mengenai pameran media itu. Yey! Sayangnya, di artikel itu nggak mencantumkan foto saya yang lagi mainin media. Padahal saya pingin nampang, walaupun di salah satu koran lokal, haha.

Ini nih, beberapa media yang berhasil saya dokumentasikan. Nggak terlalu jelas, karena hanya pakai kamera hape. Ada sih foto yang lebih jelas, tapi masih di tempat teman saya yang sekarang lagi pulang kampung.

Nah, bagaimana menurut kalian? Apakah kalian pernah mengunjungi pameran media pembelajaran seperti itu? Boleh loh diceritakan di komentar.

 

Iklan