pcq8g45Xi
audiobuku.com

Saat ini saya ingin flashback pada waktu saat saya masih SMP, sekitar tahun 2009-2011. Awal masuk SMP saya belum kenal yang namanya hape. Apalagi internet. Ya ampun, saya kudet dan gaptek banget waktu itu. Bisa jadi antara satu kelas, cuma saya yang nggak ada hape. Tapi rasanya, semua baik-baik saja tuh tanpa hape.

Saya punya banyak aktifitas yang nggak mengharuskan saya menggunakan hape. Mulai dari berkebun, sampai main ke rumah teman saya cerita ngalor ngidul. Satu hal yang masih saya ingat dari masa-masa itu adalah kesukaan saya mendengarkan radio.

Kelas satu SMP, saya sudah beli walkman. Saya pingin setiap berangkat dan pulang sekolah saya nggak kesepian. Saya pingin nyanyi-nyanyi sepanjang jalan, mendengarkan lagu favorit. Saya beli deh satu walkman.

Tapi praktiknya, saya nggak bisa pakai. Saya nggak dikasih izin sama bapak dan ibu buat pakai headset saat berkendara (naik sepeda waktu itu). Mereka takut kalau ada yang klakson, saya nggak dengar. Apalagi saat itu saya juga boncengin adik untuk berangkat  dan jemput pas pulang sekolah. Tambah was-was dong orang tua saya. Ya udah deh, saya ngalah.

Walkman itu saya pakai di tengah-tengah kegiatan saya. Saking seringnya, walkman saya itu pun rusak. Saya sampai dua kali ganti walkman karena rusak itu. Saya suka banget mendengarkan radio. Saat itu baru ngehits kan ya band dan penyanyi muda seperti Sherina, Derby, Vierra, dan lainnya. Lagu-lagu mereka sering banget di putar. Saya semakin semangat dengar radio deh.

Lebih lucunya lagi, saat kelas dua SMP, saya mau dibelikan hape oleh bapak. Saat ditanya hape seperti apa yang saya inginkan, hanya ada satu syarat dari saya, yaitu yang bisa buat mendengarkan radio. Sederhana banget bukan? Saya nggak perlu model yang aneh-aneh, merk ini itu, atau yang seharga segini segitu. Cukup yang bisa buat mendengarkan radio saja saya sudah senang.

Seringnya mendengar radio, saya jadi hafal jam siaran program setiap radio. Ada beberapa program yang saya sukai. Apa saja sih program radio favorit saya waktu itu?

Chart Lagu Jogja

Ini adalah program favorit saya yang tiap minggunya pasti disiarkan. Hampir setiap stasiun radio memiliki acara seperti ini, namun jam siarannya berbeda-beda. Salah satu acara chart yang sampai sekarang masih ada adalah Yogyakarta Top Hits. Setiap hari Jumat, saya selalu menunggu acara ini. Saya bisa mendengarkan lagu-lagu hits tanpa iklan. Program yang disiarkan oleh lebih dari sepuluh stasiun radio di Jogja ini dimulai tepat pukul 14.00 WIB. Saya nyalakan radio, dan fokus mendengarkan. Yah, nggak fokus juga sih. Kadang saya buat backsound saya waktu cuci baju atau bersih-bersih rumah, hahaha.

Radio Anak Jogja

Program di Radio Anak Jogja selalu fokus pada kebutuhan anak-anak (termasuk saya) pada waktu itu. Di radio ini banyak di putarkan lagu-lagu anak yang kadang membuat saya teringat masa kecil, hehe. Selain itu juga ada acara dongeng, karaoke lagu anak, dan konsultasi belajar.

Namun, diantara banyaknya program di Radio Anak Jogja, saya paling suka dengan program konsultasi belajar yang disiarkan setiap Senin-Jumat pukul 19.00 – 20.00 WIB. Saya lupa nama programnya apa. Program ini adalah program yang membantu saya saat saya kesulitan mengerjakan PR. Saya sering menanyakan tugas saya pada kakak-kakak yang saat itu sedang siaran. Saya tinggal mengirimkan soal atau pertanyaan yang sulit saya jawab lewat SMS. Tinggal menunggu saja, soal itu akan segera dijawab. Tentunya yang menjawab soal bukan kakak penyiarnya sendiri, tapi dibantu oleh yang lebih mengerti dan berpengalaman (seperti tentor gitu kali ya). Dan itu sangat membantu.

Kabar buruknya, radio ini sepertinya nggak siaran lagi. Dulu, radio ini siarannya di Taman Pintar, padahal izin penyelenggaraan penyiarannya di Gunungkidul. Pada tahun 2013, akhirnya Radio Anak Jogja memindahkan tempat siarannya ke Wonosari setelah ditegur oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah DIY. Kabarnya sih setelah sempat nggak beroperasi, sekarang dalam pengelolaan programnya sudah bekerja sama dengan Radio Retjobuntung. Beritanya bisa dibaca di sini.

Semoga program siaran Radio Anak Jogja bisa mengudara lagi. Terutama yang bersifat edukatif seperti saat saya SMP itu. Pasti banyak anak Jogja yang membutuhkan acara seperti itu.

Orientime

Dari nama programnya saja sudah jelas ya kalau ini berbau mandarin gitu. Orientime disiarkan di Sasando FM 90.3 FM mulai pukul 13.00 – 15.00 WIB, setiap hari Senin sampai Sabtu. Program ini memutarkan lagu-lagu Korea, Jepang, dan Mandarin. Dulu saya sering banget request lagu di sini. Lagunya bagus-bagus, loh. Pengetahuan tentang lagu Jepang, dan Mandarin saya juga bertambah, nggak hanya lagu Korea aja.

Orientime masih ada loh sampai sekarang. Jadi buruan kalian nyalakan radionya, request lagu Korea kesukaan kalian.

Greatest Memory

Ini nih, program favorit saya sebagai pengantar tidur. Greatest Memory. Program ini disiarkan oleh Yasika FM setiap pukul 20.30 – 22.00 kalau nggak salah. Saya ingat banget penyiarnya dulu namanya Erick Martin sama Vira Adinta. Nah, penyiar favorit saya waktu itu ya Mbak Vira ini. Selalu suka dengan suaranya yang renyah dan caranya membaca surat-surat yang masuk dari pendengar.

Greatest Memory ini adalah program yang membacakan cerita dari pendengar yang udah mengirimkannya ke email. Kebanyakan sih cerita seputar dunia percintaan. Tentang orang yang lagi LDR, putus nyambung, baru jadian, dan banyak deh pokoknya.

Hal kedua yang saya suka adalah backsound-nya. Program ini memakai backsound versi instrumen OST drama Endless Love yang judulnya Reason. Hal itu membuat saya semakin familiar dan semakin menyukai program ini.

Kalau kalian penasaran, bisa loh, kalian streaming Yasika FM. Jadwal program ini sudah saya sebutkan di atas.

Untuk kalian yang diluar Jogja, bisa kok kalian mendengarkan seluruh siaran radio di Jogja lewat Jogja Streamers.

Itu dia empat program radio yang dulu menjadi teman saya beres-beres rumah, belajar, bahkan pengantar tidur. Kalau sekarang sih, saya lebih suka mendengarkan stasiun radio lain yang lagunya enak-enak. Stasiun radio favorit saya saat ini adalah Swaragama FM dan Iradio. Beuh, lagunya enak-enak, loh. Kalian wajib dengerin, hehe.

Kalau kalian suka nggak mendengarkan radio? Pernah punya program radio favorit? Boleh dong cerita di kolom komentar 🙂

Iklan